Jumat, 30 Desember 2011

Peran Tekhnologi Ancaman Besar Bagi PR

Kehadiran teknologi internet berkembang dengan sangat pesat sehingga  mendorong berkecambahnya media-media jejaring sosial (social media) macam Facebook, Twitter, dan personal blogging lainnya, begitu juga dalam sebuah lembaga dan perusahaan juga merambah ke berbagai wahana guna bertujuan memberikan informasi serta komunikasi melalui internet mikrobloging, Tidak hanya itu diringi hadirnya media-media konvensional, sehingga dalam hal ini membuat peran Public Relations Saat ini terus semakin berkembang  guna mengikuti semakin pesatnya dunia  tekhnologi digital khususnya sosial media.
Sehingga peran Public Relations diharuskan dapat menggandeng beberapa media dalam melakukan pekerjaannya. Media itu sendiri pun tidak hanya sebatas Koran ataupun televisi semata, tapi komunitas jejaring sosial termasuk di dalamnya sangat dibutuhkan, Dengan begitu kinerja seorang PR dapat mengakses dan mencari tahu tentang sumber berita atau informasi dengan mudah.
Tidak bisa dipungkiri memang, setiap individu bagi peran PR dalam suatu perusahaan itu sendiri, berusaha untuk mengetahui apa maksud dari individu-individu atau perusahaan tersebut, boleh dikatakan pada saat ini tugas PR semakin penuh tantangan karena maraknya pertumbuhan tekhnologi jaringan yang semakin banyak macamnya seperti halnya jejaring sosial, mobile gadgets dan telepon genggam, sehingga hal ini dapat mempermudah sekaligus  membantu kinerja PR terlebih lagi seorang Publik Relations harus mengerti akan kebutuhan dan keinginan bagi individu serta perusahaan dalam melakukan pekerjaan sekaligus penghubung bagi perusahaan-perusahaan lainnya. Salah satu contohnya adalah Google dan facebook yang menjadi sumber utama untuk mendapatkan berbagai informasi. Fenomena ini membuat kinerja seorang PR berupaya untuk dapat mengambil hati publik, Sedangkan publik ataupun perusahaan itu sendiri telah menjadi sebuah kelompok yang tidak mudah dipengaruhi dan dikendalikan.
Seiring berkembangnya tekhnologi bagi PR untuk saat ini tidak bisa pisahkan, sekaligus menjadi sumber dalam memberikan informasi dalam mengakses internet bagi media media baru yang diiringi dengan lahirnya kebebasan Pers yang menjadikan publik semakin kritis dan peka terhadap peristiwa apa yang terjadi disekitarnya. Sehingga kerapkali setiap gejolak yang terjadi dalam sebuah kelompok public, individual dan perusahaan, positif maupun negatif, akan dapat dengan cepat menyebar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu secara ‘real time’.
Seperti halnya di Negara-negara yang sedang haus akan tekhnologi, keberadaan tekhnologi internet khusunya sosial media jejaring menjadi cara mudah bagi mereka untuk mendapatkan informasi. Selain itu pula mereka juga tak luput menggunakan facebook, twitter, blogging serta yahoo messenger sebagai suatu alat komunikasi. Jadi!, peran PR  untuk melakukan aktifitas dalam memanfaatkan waktu serta keinginan terhadap beberapa macam situs ini menjadi semakin semakin sempit hal ini merupakan suatu tantangan bagi seorang Publik Relations harus yakin serta dapat memahami keinginan untuk bisa menyampaikan informasi ke publik atau bagi perusahaan yang membutuhkan informasi.
hal semacam inilah yang mesti dikelola oleh seorang PR dengan cara melakukan pendekatan yang strategis terlebih seorang PR harus membuat pilihan dan berusaha mencoba untuk mengetahui apa maksud dari peran PR dalam Jejaring Sosial Berbasis Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar