Jumat, 30 Desember 2011

macam bentuk citra

Menurut Frank jefkins citra terdiri dari beberapa jenis (1995):
a.       citra bayangan
citra bayangan adalah citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya. citra ini cenderung positif bahkan sangat positif yang menjadikan penempatan citra ini menjadi tidak sesuai.
b.      Citra yang berlaku
Citra yang berlaku adalah suatu citra yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi. Citra ini cenderung negatif, untuk itu citra ini sangat ditentukan oleh banyak sedikitnya informasi yang dimiliki oleh penganut yang mempercayainya. Oleh itu salah satu pokok tugas dari humas adalah menginterpretasikan sikap-sikap pihak luar terhadap manajemen yang mungkin juga keliru menebak pandangan khlayak tersebut terhadapnya. Karena sebenarnya citra humas bersumber dari kesan yang benar.
c.       Citra yang diharapkan
Citra harapan adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen. Citra yang diharapkan tentunya memiliki konotasi lebih baik dengan dirumuskan dan diperjuangkan untuk meyambut sesuatu yang dianggap baru khususnya ketika kurangnya atau belum adanya informasi yang cukup memadai mengenainya.
d.      Citra perusahaan
Citra perusahaan merupakan citra yang berasal dari suatu organisasi secara penuh, jadi bukan citra atas produk atau pelayanannya.citra perusahaan ini terbentuk karena banyak hal salah satu dari kesekian banyak itu adalah sejarah atau riwayat hidup perusahaan yang gemilang, dan lain sebagainya.

e.       Citra majemuk
Jumlah citra dalam suatu perusahaan boleh dikatakan sama banyaknya dengan jumlah pegawai yang dimilikinya. Namun untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, variasi citra tersebut  harus mampu diminimalisirkan dan penegakan secara keseluruhan citra perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar